Sabtu, 08 Mei 2010

Turunkan Berat Badan dengan Kentang

Ingin menurunkan berat tubuh dengan cepat? Kebanyakan kita akan dengan serta-merta menghentikan asupan nasi, pasta, gula, bahkan kentang! Tetapi penelitian yang baru-baru ini dilansir British Journal of Nutrition mengatakan bahwa kentang justru merupakan alat yang baik untuk menurunkan berat tubuh.
Kebanyakan orang berasumsi bahwa kentang akan membuat seseorang gemuk karena seringkali diidentikkan dengan indeks glikemi yang tinggi. Padahal, menurut hasil penelitian British Journal of Nutrition, secara teknis ini tak benar. Indeks glikemi pada kentang tergantung dari tipe dan cara penyajiannya. Ditambah lagi, para ahli dengan cepat mengatakan bahwa kentang tak berada di dalam kelas yang sama dengan manisan gula dan tepung olahan. Mengonsumsi kentang akan membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama daripada mengonsumsi karbohidrat lain, seperti gula.
Berikut data yang lebih meyakinkan Anda untuk mengonsumsi kentang:
• Kentang hanya memiliki 26 kalori, baik yang masih muda maupun sudah tua.
• Mengonsumsi kentang beserta kulitnya akan memberikan Anda 12 persen kebutuhan serat (serat amat penting untuk menurunkan berat badan).
• Kentang ukuran sedang akan memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh, juga vitamin B, potasium, dan zat besi.
• Dipercaya bisa menurunkan tekanan darah.
Namun, tentu saja, perlu diperhatikan tambahan bahan makanan yang disajikan beserta kentang. Hindari krim keju leleh yang berkalori tinggi. Coba tambahkan jenis makanan lain yang lebih sehat. Pilih kentang panggang dibanding kentang rebus untuk memastikan vitamin C tidak menghilang. Pastikan kulitnya dibersihkan dengan saksama agar bisa dikonsumsi. Kentang goreng dan keripik kentang tidak termasuk dalam kentang yang sehat untuk dimakan seperti yang disebutkan di atas, ya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berita Kesehatan Dunia

Pengikut